POTO GUE

POTO GUE
"Kematian seperti cinta pertama yang mengubah segalanya"

Thursday, April 17, 2008

SIAPA YANG DIKATAGORIKAN SYI’AH???

SIAPA YANG DIKATAGORIKAN SYI’AH
MENURUT SYEIKH AL-MUFID

Siapa yang mengaku dan percaya bahwa Sayyidina Ali lah yang paling berhak menjadi Imam, dia berhak memikul nama Syi’ah seperti mana yang kami terangkan sekalipun dia mencampur-adukkan ke dalam kepercayaannya apa yang dinafikan oleh Syi’ah sendiri (Al-Mufid, Awail al-Maqalat).

Demikianlah manusia menjadi Syi’ah hanya karena kata-kata mereka tentang kelebihan Sayyidina Ali. Ibn Al-Murtadho pula menerangkan: Abu Hudzail dahulu merupakan seorang Syi’ah bagi Banu Hasyim. Dan Abu Hudzail telah memuliakan Ali daripada Utsman. Syi’ah pada masa dahulu memuliakan Ali dari pada Utsman (Ibn Al-Murtadho, Kitab Tabaqat Al-Muktazilah).

Mereka juga boleh menjadi Syi’ah walaupun mereka pada masa yang sama menjunjung aqidah lain yang pelik dan terkeluar dari landasan aqidah Syi’ah. Untuk lebih jelas, coba perhatikan pula kata-kata Al-Mufid: Hisyam bin Al-Hakam adalah seorang Syi’ah walaupun dia menyalaihi Syi’ah di dalam nama-nama Allah dan makna-makna sifat Allah (Al-Mufid, Awail al-Maqalat).

Demikianlah kalau kita lihat melekatnya pendapat-pendapat yang merupakan pendirian individu ke atas permukaan Syi’ah. Hisyam bin Al-Hakam umpamanya dituduh dengan al-Tasybih (menyerupakan Allah dengan makhluk) lalu jadilah al-Tasybih sebagian dari aqidah Syi’ah pula. Al-Syahrustani berkata tentang mereka: Asal al-Tasybih ialah daripada Syi’ah (Al-Syahrustani, Al-Milal wa Al-Nihal)

No comments:

Yahoo Mesengger